PLEAS READ!!!!

[!!!!] SAYA MINTA PERHATIAN KALIAN YANG INGIN COPY LIRIK ATAUPUN FAKTA

Akhirnya blogger lagi setelah setahun karena kesibukan:D. sebenernya bisa sih post satu atau dua lirik. Tapi sdh terlanjur males. Why? Karena banyak terjadi copas tanpa izin atau pun cr. Gak tau krn emg gak tau apa krn emg sengaja. Ada istilah kalau mau di hargai karyanya hargai dulu karya orang. Banyak saya temukan blog yang copas tanpa credit or source, kalo gak mau bisakan ijin dulu mau terbitkan di blog mana. Ini izin pun tdk ada:’’’’’

Bukan saya pelit atau bagaimana, tapi bukannya baik jika menghargai hasil jeri payah orang walaupun kecil:’’’’. Jujur saya tidak masalah kalau kalian mau copas lirik sesuka hati, tanpa cr saya tidak terlalu masalah. Tapi yang saya akan permasalahkan masalah plagiat fakta. Why? Karena lirik bisa diubah dari hangul ke romaji gak sampe sejam. But fact? Butuh berhari-hari, kalau kamu emang asli blogger fakta yang emang nyari sana sini pasti tau gimana cape nya. Tapi beda kalau kamu hanya blogger yang bermodal copy paste dari blog orang lain apalagi sampai tidak menggunakan credit atau source.

Dan jujur saya kecewa akan hal itu. Tapi, disatu sisi saya tertawa akan hasil copas fakta mereka. Why? Contoh kecil tentang fakta CLC. Untuk saat ini baru saya temukan ada dua blog yang berbunyi “Seunghee dan sorn pernah di rumorkan menjadi pengganti yookyung ex;APINK” Dan disaat saya membaca itu saya tertawa sejadi-jadinya. Yang saya mau tanyakan “Tau dari mana info itu mba? Media mana? Fanbase yang mana? Dan tahun berapa?” karena setau saya pada saat CLC akan debut sepertinya belum ada info seperti itu. Dan dari dua blog itu menyertakan credit. Dan saya pun buka hasil tag source/credit mereka. Dan ajaib nya tidak ada blog yang bertuliskan seperti itu :’’’’D tapi yang satu memang ada bertuliskan seperti itu. Tapi saya yakini blog pertamanya sama aja. Lantas dari mana saya dapatkan, dan tahun brp? Saya dapatkan itu waktu 2013, saat beberapa hari atau minggu yookyung keluar dari Apink. Kalian lucu chingudeuuuull :****

Kenapa yang saya permasalahkan CLC? Karena sebelum CLC debut dan baru diumumkan saya langsung cari-cari. Dari youtube, website, blog lain. Tapi hasilnya hanya beberapa blog saja, hanya blog luar, itupun tidak lengkap, dan belum sepenuhnya benar. Satu-satunya juga yg menjadi acuan adalah youtube. Mungkin ada lebih dari 20 video mengenai CLC yang saya buka. Pertanyaan saya adalah “kalian ngelakuin itu?”

Kalian enak bisa copas sesuka hati kalian disaat sudah banyak website dan blog yang sudah post itu. Lah saya? Kalian akan rasakan bagaimana jadi blog pertama yang nyari-nyari info disaat info itu masih 0. Saya ngepost dari clc belum resmi debut, dan mungkin saat itu baru 5 saja yang ada. Dan itupun Cuma nama saja, dan itupun ada yang salah. Bener-bener yang infonya itu 0 dimana pun tapi saya cari-cari terus. Dan kalian asik copas tanpa izin. Huaaaaaaa:’(

Bahkan saya melihat hampir semua blog yang menulis artikel tentang fakta sorn bertambah banyak dan tidak menyertakan cr. Saya menulis semua itu untuk memudahkan kalian mengenal lebih dekat anggota group bukan memudahkan copy tanpa izin

Dan sekali lagi saya minta tolong untuk menyertakan cr, kalau kalian gak mau yah sekedar izin saja tidak apa-apa. Karena saling menghargai itu lebih menyenangkan.

 

REGARDS

 ADMIN